Kisah Teladan Wanita Pemalu

503

Kisah Teladan Wanita Pemalu
______✏️

🌊 Dizaman modern ini, sifat malu sudah terbilang langka dan mahal, derasnya fitnah kejahilan, menimpa Umat Islam bagaikan Ombak Samudera, yang selalu datang silih berganti tanpa henti.

🪔 Kuatnya pengaruh budaya bebas seakan merobohkan sendi kehidupan, korban berjatuhan setiap saat, kaum wanita krisis harga diri , mereka kehilangan arah dan jejak, budaya malu pupus, hilang tak berbekas.

🍁 Dilain sisi banyaknya Orang tua yang ” Cuek, masa bodoh ” dengan keadaan anak gadis mereka, sirnanya Sifat Cemburu seorang kepala keluarga terhadap maksiat yang dibiarkan ditengah keluarganya.

🌴 Aduhai Malangnya Suami / Ayah yang tidak cemburu ketika anak gadisnya bebas bergaul, bahkan Istrinya pun di biarkan bermesraan dengan lelaki lain ,tanpa ada rasa Cemburu… Inilah potret lelaki Dayyust yang diancam kehinaan dunia dan azab akhirat.

📢 Wahai muslim, dengarkan Rasulmu ﷺ berpesan :

“Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain )

🔥 Bahkan ada yang membiarkan anak wanita nya gonta ganti pasangan, ber- pacaran , dengan bangga mengatakan ” Memang ini sudah zamannya ” .
Akibatnya kehormatan tercoreng, Kaidah ” Terpaksa Nikah ” seakan sudah lumrah disebagian masyarakat, yang lebih menyedihkan sering ditemukan bangkai bayi tak berdosa, berbungkus plastik dalam tumpukan sampah.

🍂 Jauh berbeda dengan abad yang silam dimana wanita itu bak ” Mutiara Berharga didasar lautan ” yang tidak disentuh kecuali setelah perjuangan yang halal.

💫 Wahai para ayah dan Ibunda, ambilah tauladan sifat malu dan cemburu dari wanita mulia yang diabadikan dalam al Quran dan Sunnah yang Suci ?

🌹 Malu merupakan sifat khas orang beriman. Sifat inilah yang mencegah seseorang dari pembuatan hina lagi tercela.

💐 Karenanya wanita wanita teladan yang dikisahkan dalam al Quran dan hadist hadist Nabi ﷺ semuanya adalah pemalu.

📢 Perhatikanlah wahai para orang tua, saudara dan saudariku umat islam !!! bagaimana Allah ﷻ bercerita tentang dua wanita bersaudara putri dari lelaki shalih yang tinggal di negri Madyan

🌷 Ketika wanita Salehah itu datang kepada nabi Musa dengan berjalan sambil tersipu malu .

Allah ﷻ Berfirman :

فَجَاءَتْهُ إِحْدَاهُمَا تَمْشِي عَلَى اسْتِحْيَاءٍ قَالَتْ إِنَّ أَبِي يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا ۚ

” Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua Wanita itu berjalan dengan rasa Malu, seraya menutupkan kain kerudung ke mukanya karena malu kepada Nabi Musa, ia berkata, “Sesungguhnya bapakku memanggilmu agar ia memberikan balasan akan kebaikanmu memberi minum ternak kami ”

( Lihat QS. al-Qashas 23-25 )

📚 ‘Umar bin Khatab menafsirkan kisah dalam ayat yang mulia ini, dengan berkata :

لم تكن سلْفعاً من النساء خرَّاجةً ولاّجةً قائلة بيدها على وجهها

” Wanita itu bukanlah perempuan CEREWET ( suka teriak ), yang sering pergi kesana kemari. Sambil menutup muka dengan kedua tangannya ia mengatakan, ‘…..

( tafsir al Quranul ‘azim, ibn Katsir rahimahullah )

🔎 Lihat, betapa pemalunya Perempuan ini, ia tak kuasa menatap Musa dengan wajahnya. Ia menjaga harga diri dan kehormatan nya.

🌹 Ingat juga Kisah tauladan Maryam binti ‘Imran, yang amat malu dengan cobaan yang Allah ﷻ takdirkan untuknya , sampai – sampai kematian lebih ia cintai dari pada tuduhan berzina yang dilontarkan . Demikian potret wanita- wanita teladan, lagi mulia dalam Al QURAN.

( Lihat surat Maryam 16 – 23 )

💦 Ada pelajaran sangat berharga dari kisah ini :

🔖Wanita Solehah senantiasa membentengi diri dengan Sifat Malu dari pergaulan bebas, bercampur baur dengan lelaki yang tidak Mahromnya.

🔖Sifat wanita Mukminah berwibawa, tidak suka Cengengesan, Ketawa ketiwi, menjual Aurat dan harga diri dengan murahan

🔖Betah di rumah, tidak keluar kecuali hal yang sangat penting.

🔖Wanita yang Mulia, berusaha berhijab dengan sempurna, tidak ketat , tidak transparan, tidak ingin dikenal, tidak mengumbar wajah baik dimedia atau di keramaian.

🔖Wanita Muslimah kokoh dengan agamanya, tidak berjabat tangan dengan pria yang tidak halal baginya

💧 Faidah : Sepupu bukan lah mahrom, maka tidak boleh seorang wanita bersalaman dengan saudara sepupu yang sudah baligh

🌹 Kisah Teladan berikutnya dari istri nabi kita tercinta Muhammad ﷺ, disebutkan bahwa Ummul Mukminin ‘Aisyah radiyallahu anha berkata :

كنتُ أدخُلُ بيتي الذي دفن فيه رسول الله ﷺ وأبِي فأضع ثوبي فأقول : إنما هو زوجي وأبي ، فلما دفن عمرُ معهم ، فواللهِ ما دخلتُ إلا وأنا مشدودة علي ثيابي حياءً من عمرَ

” Dahulu, tiap kali aku masuk rumahku – yang terkubur disana Rasulullah ﷺ dan ayahku ( Abu Bakar )- kulepas pakaianku. Dalam hati aku berkata , ‘ Keduanya adalah suami dan ayahku sendiri. ‘Ketika setelah ‘Umar dikubur bersama mereka ,maka demi Allah , tidak pernah aku masuk kecuali dengan pakaian tertutup rapat karna malu terhadap ‘Umar. ”

( Hadist riwayat Imam Ahmad, dan disahihkan dalam kitab Misykatul Mashabih no : 1771 )

💡 Perlu diketahui , bahwa ‘Umar bin Khatab wafat tahun 23 H, sedangkan Ummul Mukminin ‘Aisyah wafat tahun 57 H. Artinya hal ini beliau lakukan selama 34 tahun , semoga Allah ﷻ meridhoi mereka .
( Taqribut tahzib hal : 360 667 )

🌹 Maha suci Allah alangkah pemalunya engkau wahai Ibunda orang beriman, semoga sifat pemalu dan kegigihanmu dalam menjaga kesucian diri menjadi tauladan bagi setiap wanita Muslimah.

( Diringkas dari buku Samudera Hikmah Dibalik Jilbab Muslimah hal 113-118 )

Qatar, 9 syawal 1441 H
Penyusun: Abu ‘Abdillah bin Ali bin Muhammad sa’id el_minangkabawi

Ranah Minang Mangaji

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here